NAGAHITAM - Barcelona harus puas dengan skor kacamata ketika melawat ke markas Lyon untuk mempertandingkan leg pertama 16 besar Liga Champions 2018/19, Rabu (20/2) dini hari WIB. Meski berstatus sebagai tim unggulan, Barca ternyata kesulitan membongkar pertahanan kukuh Lyon.

Skuat Barca sebenarnya telah menyuguhkan salah satu permainan terbaik mereka dalam beberapa pekan terakhir. Hanya Lionel Messi dkk. masih belum menemukan sentuhan akhir yang tepat, kiper Lyon, Anthony Lopes pun tampil gemilang.

Satu hal yang disorot pasca hasil imbang ini adalah performa Luis Suarez. Striker andalan Barca itu lagi-lagi mandul dalam laga tandang di kompetisi Eropa. Catatan tandang Suarez di Liga Champions buruk.

Menukil Opta, ketika pertandingan memasuki menit ke-22, Suarez resmi melewati satu hari penuh, alias 24 jam, alias 1440 menit tanpa mencetak gol tandang di Liga Champions. Terakhir kali Suarez membikin gol di markas lawan terjadi pada September 2015 lalu, di markas AS Roma.

Menanggapi hal tersebut, Valverde mengaku tidak khawatir. Dia percaya tugas striker bukan hanya mencetak gol, melainkan membantu rekan setimnya untuk membuat gol. Kepentingan tim adalah yang terutama.

"Saya tidak khawatir soal performa Suarez dan saya akan lebih khawatir apabila dia tidak mendapatkan peluang untuk mencetak gol,"

"Itulah yang harus dilakukan striker [mencetak gol], tapi jika dia tidak mendapatkan kesempatan maka dia akan menciptakan peluang untuk rekan setimnya."

Lebih lanjut, Valverde juga menyadari masa-masa paceklik gol memang sudah biasa dialami para striker. Suarez hanya salah satu korban, dan gagal mencetak gol tandang bukanlah hal yang benar-benar buruk.

"Dia menakutkan bagi tim lawan, tetapi sepak bola memang seperti itu, dan striker akan menghadapi rangkaian catatan [buruk] ini."

"Yang lebih penting adalah untuk menciptakan peluang," tandas dia.


CONTACT PERSON : 
BBM : DE37C952 - D621F946
LINE : Bolapelangi
WHATSAPP : +6281333472723 | +855963551436
INSTAGRAM : Bolapelangi_01